mencegah virus corona

Angka penderita COVID-19 varian omicron terus naik, hal-hal yang perlu dilakukan mencegah virus corona sebaiknya diperketat nih terutama protokol kesehatan! Simak yuk, 6 cara mencegah virus corona yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang! 

1. Rajin Mencuci Tangan

Meskipun banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa mencegah virus corona dapat dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer, tetapi mencuci tangan tetaplah menjadi solusi pertama dalam mencegah virus corona masuk ke tubuh kita. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik mampu membunuh virus corona termasuk varian omicron, serta pastikan untuk mengeringkan tangan dengan air dryer atau tissue. Gunakanlah hand sanitizer saat memang tidak ada akses ke air bersih, tapi tetap rutinlah mencuci tangan ya! 

2. Hindari Memegang Mata, Hidung, dan Mulut 

Mencegah virus corona masuk selanjutnya adalah dengan menghindari memegang mata, hidung, dan mulut terutama sebelum mencuci tangan dengan air. Virus corona yang berukuran sangat kecil mampu masuk melalui mata yang membuat mata tampak merah tanpa rasa gatal, hidung yang kemudian membuat hidung gatal dan bersin, lalu mulut. Biasanya sih, kita suka lupa nih saat memegang masker lalu pegang-pegang hidung atau menggosok mata padahal keduanya adalah pintu masuk virus corona! 

3. Hindari Keramaian dan Tempat Tertutup 

Salah satu cara mencegah virus corona yang cukup sulit dilakukan adalah dengan menghindari keramaian dan tempat tertutup. Terutama untuk Realfoodfam yang harus bekerja dari kantor. Padahal, sirkulasi udara dalam ruangan tertutup dan sistem air conditioner yang terpusat dapat meningkatkan penyebaran virus corona lho! Yuk, perbaiki ventilasi untuk mencegah virus corona dengan: 

  1. Buka jendela jika memungkinkan 
  2. Pada ruangan ber-AC, matikan AC dan buka jendela beberapa menit dalam satu jam
  3. Gunakan air filter atau air purifier dengan filter HEPA, dan buka jendela. 

4. Gunakan Masker dan Ganti Rutin Setiap 4 Jam

Saat harus beraktivitas di luar rumah, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, gunakanlah masker yang memiliki SNI atau izin Kemenkes. Ada pula masker yang mampu mencegah virus corona adalah masker N95, KF94, atau masker bedah yang digandakan dengan masker kain. Hindari penggunaan masker yang terbuat dari scuba atau sponge yang tidak mampu mencegah virus corona. Serta jangan lupa untuk rutin mengganti masker setiap 4 jam sekali ya! 

5. Habiskan Waktu di Rumah Bersama Keluarga 

Jika memungkinkan, habiskan lebih banyak waktu di rumah seperti bekerja dan belajar dari rumah daripada ke luar rumah. Tidak hanya sekedar mencegah virus corona masuk ke keluarga, tetapi juga memutus rantai penyebaran virus corona. 

Tidak lupa untuk menjaga protokol kesehatan di rumah, terutama pada mereka yang harus keluar rumah untuk melakukan aktivitas primer seperti bekerja dan berbelanja. Jika kamu tidak cukup beruntung untuk beraktivitas dari dalam rumah, ketatkan protokol kesehatanmu sesuai dengan cara di atas ya!

6. Konsumsi Imun Booster 

Mencegah virus corona gak cuma dari luar aja, tapi kamu juga butuh mengonsumsi imun booster lho! Setidaknya, rutinlah mengonsumsi vitamin C, vitamin B kompleks, Vitamin D, dan zinc setiap harinya agar sistem imun tetap tinggi. 

Selain itu, kamu juga bisa lho konsumsi makanan yang mampu mencegah virus corona seperti bawang putih, jahe, temulawak, kunyit, yogurt, sayuran hijau, dan tentunya rutin mengonsumsi air hangat. 

Buat kamu yang agak mau ribet, coba deh rutin konsumsi Realfood Program 12 Hari Royal Wellness yang merupakan fully-concentrated sarang burung walet dan diperkaya dengan antioksidan. Sarang burung walet sendiri dipercaya sebagai imun booster di Traditional Chinese Medicine lho, karena kaya akan asam amino, asam sialat, dan Epidermal Growth Factor. Enaknya, Royal Wellness gak perlu dimasak lagi, bisa dikonsumsi dingin maupun hangat. Coba deh rutin konsumsi Royal Wellness setidaknya 12 hari untuk rasakan manfaatnya dan mencegah virus corona, Selain itu, Royal Wellness juga cocok banget lho buat kamu kirim sebagai hamper untuk rekan yang sedang isolasi mandiri. 

Artikel Terkait Lainnya: