mengatasi bibir pecah pecah

Bibir pecah-pecah adalah kondisi yang alami dan mungkin akan dialami oleh semua orang. Tidak hanya membuat rasa tidak nyaman, bibir pecah-pecah juga terlihat sangat tidak menarik apalagi jika sampai terluka dan berdarah. 

Salah satu bagian kulit yang lebih tipis adalah bibir. Bibir hanya memiliki 3-6 lapisan kulit, dibandingkan bagian kulit lain yang mencapai 16 lapisan. Selain itu, bibir juga tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan alami. Maklum sekali jika bibir mudah kering dan pecah-pecah. Nah, ini dia penyebab, gejala, dan cara mengatasi bibir pecah-pecah yang wajib kamu ketahui ya. 

Penyebab dan Gejala Bibir Pecah-pecah 

Penyebab bibir pecah-pecah yang paling umum adalah perubahan suhu yang ekstrim, tetapi juga bisa diakibatkan karena dehidrasi, kekurangan gizi, iritasi, mauipun efek samping obat-obatan seperti accutane. 

Kondisi tersebut harus segera diatasi dengan mencari cara mengatasi bibir pecah-pecah agar tidak semakin memburuk dengan gejala seperti:

  • Bibir terasa kering
  • Bibir mulai mengelupas
  • Luka dan berdarah 
  • Bengkak
  • Saat dipegang terasa perih 

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah yang paling ampuh dan bisa kamu lakukan mulai sekarang adalah dengan cara berikut ini: 

1. Kurangi Kebiasaan Menjilat Bibir

Mungkin kamu berpikir bahwa menjilati bibir adalah cara mengatasi bibir pecah-pecah. Alih-alih berharap bibir makin lembap. Namun, faktanya justru sebaliknya. Kandungan enzim amilase dan maltase di dalam ludah dapat menipiskan kulit bibir dan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. 

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dengan menjilat justru jadi buah simalakama! Yuk, mulai sekarang hindari menjilat bibir sendiri! 

2. Pilih Pelembap Bibir yang Tepat

Menggunakan petroleum jelly atau shea butter saja tidak cukup sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah. Keduanya bersifat oklusif yang berarti membuat lapisan di atas kulit untuk mencegah terjadinya penguapan air dari bibir. Oleh karena itu, dibutuhkan pelembap bibir yang bersifat humectant (melembapkan) dan emollient (melembutkan). Kamu bisa menggunakan serum hyaluronic acid dan pelembap wajah pada bibir sebelum menggunakan petroleum jelly atau shea butter. 

3. Gunakan Tabir Surya pada Bibir

Mungkin terdengar aneh, tetapi cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan melindungi bibir dari paparan sinar UV. Percuma hanya melindungi wajah dengan sunscreen, jika tidak menggunakan lip balm dengan kandungan SPF. Rutinlah menggunakan lip balm ber-SPF sebelum beraktivitas di luar ruangan dan re-apply setiap habis makan. 

4. Hindari Pemicu Alergi 

Cara mengatasi bibir pecah-pecah paling utama adalah dengan menghindari pemicu bibir pecah-pecah seperti alergi, penggunaan obat, dan konsumsi makanan. Sebaiknya hindari juga pemicu alergi seperti parfum, pewarna, kosmetik, dan produk skincare yang membuat bibir semakin kering seperti retinol. 

5. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Dehidrasi adalah salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang paling umum sehingga cara mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap harinya, atau konsumsi makanan yang tinggi kandungan cairan seperti Realfood Up. Kopi, teh, dan minuman lainnya yang mengandung cairan dapat dihitung sebagai cairan juga lho. Tidak hanya untuk mengatasi bibir pecah-pecah, minum air juga dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Jika cara mengatasi bibir pecah-pecah di atas tidak kunjung sembuh dan justru menjadi lebih parah seperti pecah-pecah di sudut bibir dan bernanah, segera konsultasikan pada dokter kulit agar mendapatkan penanganan dan pencegahan secara tepat.

Artikel Terkait Lainnya: