Punya bintik putih di wajah? Bisa jadi itu adalah milia! Bintik putih ini sebenarnya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Penyebab munculnya sendiri karena pertumbuhan kista di bawah jaringan kulit yang tidak memiliki pori-pori seperti di area hidung, pipi, dan di bawah mata. Mau tahu cara menghilangkan bintik putih di wajah ini? 

Umumnya, bintik putih ini muncul akibat penggunaan skincare yang terlalu melembapkan sehingga menyebabkan terperangkapnya sel kulit mati dan protein yang terkeratinisasi. Cara menghilangkan bintik putih di wajah ini juga gak main-main lho! Berusaha memecahkan bintik putih ini bukan cara menghilangkan  bintik putih di wajah yang tepat lho, karena justru dapat menyebabkan luka parut permanen. 

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah secara Medis

1.     Cryotherapy

Cara menghilangkan bintik putih di wajah satu ini adalah dengan menggunakan suhu yang sangat rendah, biasanya menggunakan nitrogen cair untuk “mengeringkan” bintik putih dan membuatnya tercopot sendiri. Cara ini terbilang cukup cepat dan cenderung painless

2.     Dermabrasi 

Pengikisan sel kulit mati adalah cara menghilangkan bintik putih di wajah yang juga membantu memberikan sensasi kulit halus pada wajah. Gak cuma itu, bisa juga untuk menghilangkan bekas jerawat, luka, dan tekstur kulit yang tidak rata. Dermabrasi dilakukan dengan bantuan diamond untuk mengikis kulit secara lembut. 

3.     Chemical Peeling 

Nah, cara menghilangkan bintik putih di wajah yang satu ini bisa kamu coba untuk mendapatkan kulit halus, lembut, dan muda seperti kulit bayi. Chemical peeling yang dilakukan oleh dokter menggunakan asam kimia yang tinggi sehingga kulit mengelupas dan membuat kulit jadi lebih muda! 

4.     Laser Ablasif

Bukan orang yang sabaran? Melakukan laser ablasif juga bisa jadi cara menghilangkan bintik putih di wajah dengan cepat. Laser bekerja dengan cara menghilangkan padatan atau cairan di permukaan kulit dengan sinar laser dan CO2. Hanya saja, cara ini memiliki downtime atau proses penyembuhan yang cukup lama. Kamu diharapkan rutin menggunakan sunscreen untuk mencegah hiperpigmentasi dan juga menggunakan krim khusus yang meringankan kemerahan.

Cara Menghilangkan Bintik Putih di Wajah di Rumah

1.     Rutin Membersihkan Wajah 

Setelah beraktivitas di luar rumah, pastikan kamu membersihkan wajah. Bahkan saat di rumah aja, ada baiknya kamu tetap membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah yang lembut. Menggunakan micellar water atau oil-based cleanser juga akan membantu membersihkan wajah dengan lebih sempurna lagi sebelum menggunakan face wash. Cara menghilangkan bintik putih di wajah yang ini ampuh lho, meskipun harus dilakukan secara rutin.

2.     Lakukan Eksfoliasi 

Cara menghilangkan bintik putih di wajah yang satu ini dilakukan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati menggunakan cairan eksfoliator seperti AHA dan BHA. Pilih toner mengandung AHA 5% dan BHA 2% untuk bantu membersihkan kulit. Kalau kamu punya kulit sensitif, kamu bisa memilih lactic acid, mandelic acid, atau PHA. 

3.     Steaming Wajah

Memberikan uap hangat pada kulit wajah juga bisa menjadi cara menghilangkan bintik putih di wajah. Lakukan ini setelah menggunakan eksfoliator dan lanjutkan dengan menggunakan clay mask untuk hasil yang maksimal.

Jadi bagaimana, gak terlalu susah kan mencari cara menghilangkan bintik putih di wajah. Semoga berhasil ya, Realfoodfam! 

Artikel Terkait Lainnya: