cara menghilangkan milia

Cara menghilangkan milia sebenarnya tidak terlalu sulit, meskipun dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Milia sendiri adalah benjolan kecil yang biasanya muncul di kulit sekitar mata, kelopak mata, pipi, dan hidung. Milia sendiri adalah kulit yang terjebak sehingga menjadi benjolan atau disebut juga sebagai kista kecil. Meskipun biasanya muncul pada kulit bayi, milia juga sering muncul pada kulit dewasa jika menggunakan produk skincare atau makeup yang tidak cocok.  Sejatinya, milia tidak perlu dicari cara menghilangkan milia, karena milia akan hilang dengan sendirinya. Namun jika milia sangat mengganggu, ini dia 12 cara menghilangkan milia yang harus kamu tahu! 

1. Hindari Memencet Milia 

Gatal! Pasti rasanya ingin memecahkan milia agar cepat menghilang dari kulit. Namun, cara menghilangkan milia yang satu ini akan berakhir sia-sia lho, Realfoodfam! Milia yang dipecahkan akan kembali terbentuk lagi dan semakin membandel. Bahkan memencet milia dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan bekas dan luka di kulit. Yuk, biasakan untuk tidak memegang-megang dan memencet milia ya! 

Jika merasa milia sangat mengganggu dan ingin mengeluarkan isi milia, berkonsultasilah dengan dokter agar ekstraksi dilakukan dengan cara yang higienis dan tidak menyebabkan luka. Cara menghilangkan milia yang satu ini memang lebih optimal, terutama setelah dokter memberikan obat untuk mempercepat penyembuhan dari milia. 

2. Hindari Penggunaan Lemon di Milia 

Di banyak artikel menyebutkan bahwa cobalah untuk mengeksfoliasi kulit dengan lemon. Cara menghilangkan milia yang satu ini salah besar dan sebaiknya kamu hindari! Kandungan asam dalam lemon sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Bukannya milia hilang, justru kulitmu bisa teriritasi seperti kemerahan, gatal, luka, dan bahkan hingga terjadi pengelupasan. Cara ini bahaya banget lho untuk kamu yang punya kulit sensitif! 

3. Hindari Penggunaan Pasta Gigi di Milia 

Pernah dengar cara menghilangkan milia yang satu ini? Meskipun pasta gigi tidak seabrasif lemon, sesungguhnya pasta gigi biasanya mengandung menthol dan triclosan yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Lagi pula, penggunaan pasta gigi di milia tidak akan menghilangkan milia lho! Better hindari aja deh cara menghilangkan milia yang satu ini! 

4. Hindari Penguapan yang Berlebihan

Steam wajah sebagai cara menghilangkan milia itu memang sangat baik untuk membuka pori-pori wajah agar wajah lebih bersih. Namun, steaming wajah berlebihan dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan pori-porimu makin besar. Milia sendiri sangat baik untuk diuapkan, tetapi gunakan uap yang hangat bukan dengan air panas. Setelah melakukan penguapan, ada baiknya juga kamu menggunakan pelembap agar wajah tidak menjadi terlalu kering. 

5. Hindari Scrubbing Menggunakan Garam atau Gula

Selain lemon, banyak juga yang menyarankan scrubbing wajah menggunakan garam dan gula sebagai cara menghilangkan milia. Partikel garam dan gula yang kasar dianggap mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, faktanya, partikel garam dan gula terlalu besar sehingga dapat menyebabkan micro tears! Bahkan scrub wajah dengan partikel scrub yang lembut pun bisa menyebabkan iritasi, apa lagi garam dan gula? Yuk, hindari scrubbing! 

6. Gunakan Pembersih Khusus Area Mata 

Salah satu cara menghilangkan milia paling ampuh adalah dengan membersihkan area mata secara menyeluruh. Gak cukup dengan facial wash, gunakan juga pembersih khusus area mata yang lembut untuk mengangkat kotoran di sekitar mata. Jangan lupa untuk membersihkan area bawah mata! 

7. Rutin Membersihkan Wajah 

Pastikan kamu rutin membersihkan wajah dengan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulitmu. Membersihkan wajah dengan rutin dapat menjadi cara menghilangkan milia karena membersihkan wajah dapat mengikis lapisan kulit teratas sehingga milia jadi lebih mudah keluar. Tentunya cara ini harus sabar dan konsisten ya!

8. Pakai Produk Eksfoliasi yang Lembut

Cara menghilangkan milia paling ampuh, cepat, dan aman adalah dengan menggunakan eksfoliasi terutama kandungan salicylic acid atau BHA. Salicyclic acid bekerja di bawah lapisan teratas kulit dan larut di dalam minyak sehingga akan “mengeluarkan” kotoran dari dalam milia. Namun, karena milia banyak di area sekitar mata, pilih eksfoliator yang lembut agar tidak terasa perih. 

9. Tambahkan Produk Retinol 

Setelah menggunakan eksfoliasi, gunakan juga produk yang mengandung turunan retinoid seperti retinol, retinaldehyde, adapalene, atau tretinoin. Retinoid ini bekerja di dalam kulit, mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga ini menjadi cara menghilangkan milia yang mudah dan aman! 

10. Ganti Eye Cream yang Lebih Ringan

Salah satu penyebab milia di area mata adalah penggunaan eye cream yang terlalu thick. Mengganti eye cream dengan tekstur yang lebih ringan tentunya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan milia. Pilih eye serum atau eye gel yang lebih ringan dan coba perhatikan bedanya, apakah milia tetap membandel atau perlahan menghilang. 

11. Jangan Skip Sunscreen! 

Meskipun tekstur sunscreen biasanya berminyak dan terkesan menyumbat kulit, kamu harus tetap menggunakan sunscreen lho! Pilih sunscreen dengan tekstur gel yang ringan dan mudah menyerap agar tidak terasa berat di kulit. Selain itu, sunscreen dapat mencegah terbentuknya noda hitam bekas milia lho! Memang tidak menjadi cara menghilangkan milia secara langsung, tapi menggunakan sunscreen tetap penting lho!

12. Hindari Penggunaan Krim yang Kental 

Selain di area mata, milia juga bisa muncul di area lain seperti hidung dan pipi sehingga gak cuma eye cream yang sebaiknya lebih tipis.

Nah, itu dia 12 cara menghilangkan milia dengan mudah dan aman in your comfort of home. Dikarenakan milia mampu menghilang sendiri, tentunya cara ini akan mempercepat menghilangnya milia asal dipadukan dengan kesabaran dan konsistensi. 

Namun, ini dia treatment klinis yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkah milia yang ampuh. Cara-cara ini hanya bisa kamu lakukan di dokter kulit ya! 

  • De-roofing adalah cara mengekstraksi milia yang dilakukan oleh dokter dengan menggunakan jarum atau pisau steril untuk mengeluarkan milia dari dalam kulit. Jangan coba-coba melakukan cara menghilangkan milia yang satu ini di rumah karena besar risiko infeksi! 
  • Curettage hampir mirip dengan de-roofing, tetapi cara menghilangkan milia yang satu ini cenderung lebih tidak menyebabkan rasa sakit karena dokter akan memberikan bius, mengeluarkan milia, lalu menutup luka dengan suatu teknologi dengan penggabungan energi panas. 
  • Jika dibandingkan dengan dua di atas, Cryotherapy jauh lebih tidak menyebabkan rasa sakit karena milia akan didinginkan menggunakan nitrogen cair, sehingga milia dapat copot dengan sendirinya. Namun tetap menyebabkan kulit terluka atau bengkak, tapi milia langsung hilang dalam hitungan hari. 
  • Atau konsumsi antibiotik sesuai anjuran dokter dapat menjadi cara menghilangkan milia yang membandel dan sudah menjadi plak. Misalnya minocycline yang hanya bisa dikonsumsi di bawah pengawasan dokter. 

Semoga Realfoodfam dapat segera menemukan cara menghilangkan milia yang paling mudah, aman, dan cepat ya! Tetap percaya diri meski  memiliki milia di wajah ya!

Baca Juga Artikel Lainnya: