makanan sehat untuk buka puasa

Ketika berpuasa tentunya tubuh tidak mendapatkan asupan seperti hari biasanya. Oleh karena itu, usahakan mengkonsumsi makanan sehat untuk buka puasa agar nutrisi harian tetap terpenuhi.

Namun, menu buka puasa yang sehat tidak selalu rumit dan mahal. Banyak hidangan buka puasa yang mudah dibuat dengan harga yang terjangkau. Lalu, apa saja makanan sehat untuk buka puasa yang simple dan mudah dibuat? Ini dia daftarnya:

1. Sayur Bayam

Menu olahan sayur segar berkuah yang cocok dihidangkan untuk berbuka puasa adalah sayur bayam. Selain itu, sayur bayam juga merupakan sayuran hijau yang kaya serat dan air sehingga baik untuk mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, terutama saat berpuasa.

Kuahnya yang bening dan segar juga cocok dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk buka puasa karena dapat mengembalikan asupan cairan tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa seharian.

Untuk menambah asupan nutrisi, Realfoodfam dapat menambahkan sayur oyong, wortel, jagung, atau tomat ke dalam sayur bayam. Kemudian, sayur bayam bisa dihidangkan dengan ayam goreng, telur, ikan, tahu dan tempe untuk menambah nilai gizinya.

2. Nasi Merah Gurih

Karbohidrat kompleks merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh, terutama saat berpuasa. Pasalnya, karbohidrat kompleks berfungsi untuk mengganti energi tubuh yang keluar setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Makanan sehat untuk buka puasa yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya adalah nasi merah gurih. Nasi merah dipilih karena lebih rendah kalori, kaya serat dan mineral, serta rendah indeks glikemik daripada nasi putih.

Cara membuat nasi merah putih pun praktis. Realfoodfam dapat mencuci beras merah sampai bersih dan masukkan ke dalam rice cooker. Tambahkan santan, serai, daun pandan, daun salam, dan sejumput garam.

Kemudian, aduk hingga semuanya rata dan masak hingga tanak. Untuk menambah nutrisi, Realfoodfam bisa menyiapkan lauk pelengkap lainnya, seperti ayam atau ikan bakar, urap, serta tahu dan tempe goreng.

3. Pepes Tahu Jamur

Makanan sehat untuk buka puasa selanjutnya adalah pepes tahu jamur. Pasalnya, pepes diolah dengan cara dikukus sehingga Realfoodfam dapat mengurangi makanan berminyak dan mengurangi lemak.

Kemudian, tahu sebagai bahan utama hidangan ini rendah kalori, rendah lemak, kaya akan protein, zat besi, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, hidangan ini juga menggunakan jamur tiram yang mengandung karbohidrat, lemak baik, dan tinggi protein.

Bahan lainnya untuk membuat pepes tahu jamur adalah telur yang dapat dijadikan sebagai sumber protein yang dibutuhkan tubuh, terutama pada bulan puasa. Teksturnya yang lembut juga membuat pepes tahu jamur mudah dicerna oleh tubuh.

4. Gado-gado

Siapa tak kenal gado-gado? Ini adalah makanan tradisional Indonesia yang padat gizi, mudah dibuat, dan murah meriah. Makanan sehat ini terdiri dari sayuran rebus, telur rebus, tahu goreng, dan bumbunya disiram sambal kacang.

Meskipun proses pengolahannya sangat sederhana, namun gado-gado terbukti menyehatkan tubuh, lho. Gado-gado yang terdiri dari berbagai sayuran ini memiliki nilai nutrisi yang tinggi, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Sementara itu, gado-gado juga mengandung protein yang ada pada tahu dan telur. Sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

5. Sapo Tahu

Makanan sehat untuk buka puasa yang mudah dibuat adalah sapo tahu. Bahan utama memasak sapo tahu adalah sayuran, seperti wortel, caisim, sawi putih, jamur, dan tahu sutra Jepang. Namun, untuk menambah gizinya, Realfoodfam dapat menambah protein, seperti udang, daging, atau ayam.

Dengan begitu, sapo tahu mengandung vitamin, mineral, serat, dan protein yang sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh, terutama saat bulan puasa. Kuahnya yang kental dan gurih juga lezat disantap dan nyaman diperut.

6. Sayur Bening Oyong Udang

Salah satu hidangan buka puasa yang menyehatkan sekaligus menyegarkan adalah sayur bening. Pasalnya, sayur bening memiliki banyak kandungan air yang dapat mengisi cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa.

Sementara itu, oyong kaya akan antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Realfoodfam dapat menambahkan udang agar sayur bening menjadi lebih gurih dan padat gizi.

Itulah ide 7 makanan sehat untuk buka puasa yang bisa dicoba di rumah. Namun, untuk memenuhi kebutuhan serat harian selama berpuasa, Realfoodfam dapat mengkonsumsi Realfood Cleanse Passion Power.

Minuman diet detox rasa markisa ini mampu menutrisi pencernaan dan menjaga berat badan tetap ideal selama berpuasa. Selain itu, Realfood Cleanse Passion Power dapat mendukung Realfoodfam untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena mengandung 5 enzim, yaitu Amylase, Protease, Invertase, Diastase, dan Lipase.

Selain kaya serat, Realfood Cleanse Passion Power mengandung vitamin B1, B2, B12, dan C dan bebas gula, sehingga aman dikonsumsi setiap hari, baik saat berbuka puasa atau saat sahur. Realfoodfam juga tidak perlu khawatir ketika mengkonsumsinya karena Realfood Cleanse Passion Power berlabel halal, tanpa pewarna, dan tanpa bahan pengawet.

Baca Juga: