menu makanan puasa

Buka puasa adalah salah satu momen yang paling ditunggu setelah seharian menjalankan ibadah puasa. Namun, ketika berbuka puasa, pastikan memilih menu buka puasa sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

Dengan begitu, tubuh dapat mengisi kembali energi yang hilang selama berpuasa dan tubuh menjadi sehat dan kuat untuk menjalani puasa keesokan harinya. Mau tahu apa saja menu buka puasa sehat? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

1. Kurma

Salah satu pilihan menu buka puasa yang identik dengan bulan Ramadhan adalah kurma. Karena rasanya yang manis, kurma dapat memberikan pasokan gula alami untuk energi setelah seharian berpuasa.

Setiap biji kurma mengandung kombinasi karbohidrat kompleks, dan juga ragam mineral, seperti kalium, tembaga, dan mangan yang menyehatkan tubuh. Kurma juga kaya akan serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan Realfoodfam.

Selain itu, kandungan serat pada kurma juga dapat membuat lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah keinginan untuk makan berlebih saat buka puasa. Realfoodfam dapat mengkonsumsinya satu hingga tiga kurma saat berbuka puasa.

2. Kolak Pisang

Menu buka puasa sehat dan wajib ada setiap bulan puasa adalah kolak pisang. Selain cara membuatnya mudah, kolak pisang juga dapat menghilangkan dahaga dan cukup mengenyangkan.

Tidak sampai disitu, kolak pisang juga banyak padat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, untuk menjadikannya lebih sehat, Realfoodfam dapat mengganti santan dengan susu rendah lemak.

Pasalnya, santan mengandung banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat. Kemudian, batasi kandungan kalori pada kolak pisang dengan mengganti penggunaan gula merah.

3. Puding Buah

Mengkonsumsi puding saat berbuka puasa memang nyaman di perut dan menyegarkan. Selain itu, puding juga menyehatkan karena terbuat dari bahan alami,seperti rumput laut, gelatin, dan konyaku yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

Namun, hati-hati ketika mengkonsumsinya karena puding identik dengan rasa yang manis sehingga mengandung gula yang tinggi. Sebagai alternatif yang lebih sehat, hindari menambahkan gula dan susu berlebihan serta dapat mengganti bahan utamanya dengan buah-buahan segar.

Cara membuatnya pun mudah, Realfoodfam dapat membuat puding dari agar-agar tawar. Setelah matang, tuangkan puding ke dalam wadah dan susunlah potongan buah-buahan segar di atasnya. Kemudian, masukkan ke dalam kulkas sehingga lebih segar ketika dikonsumsi saat buka puasa.

4. Salad Sayur atau Buah

Menu buka puasa yang wajib ada di meja makan adalah sayur dan buah. Pasalnya, keduanya mengandung serat yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Nutrisi serat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan, seperti mengatasi sembelit yang sering dialami banyak orang ketika berpuasa. Tingginya kandungan serat pada salad sayur dan buah juga dapat membuat perasaan kenyang lebih lama.

Namun, untuk membuat salad sayur dan buah lebih sehat, hindari penggunaan saus yang tinggi gula, garam, dan lemak jenuh, seperti susu kental manis, saus keju, dan mayones. Realfoodfam dapat mengganti saus salad dengan opsi yang lebih sehat, seperti madu, minyak zaitun, yogurt tanpa gula, dan juga lemon.

5. Oatmeal

Salah satu menu buka puasa sehat dan praktis dibuat adalah oatmeal. Makanan sehat dari gandum utuh ini kaya akan serat, mineral, vitamin, dan bersifat antioksidan sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

Selain itu, oatmeal juga rendah kalori dan dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga cocok bagi Realfoodfam yang ingin tetap menjaga bobot tubuh ideal selama bulan puasa.

Realfoodfam juga dapat mengolah oatmeal untuk menjadi hidangan buka puasa yang lezat. Misalnya, dengan menambahkan potongan buah dan kacang-kacangan, atau mengolah oatmeal menjadi pancake yang menyehatkan dan mengenyangkan.

6. Tumis Sayuran

Menu buka puasa sehat, murah, dan bergizi lainnya adalah tumis sayuran. Realfoodfam dapat menggunakan sayuran favorit atau yang ada di kulkas, seperti wortel, brokoli, kangkung, buncis, sawi, dan tauge.

Bumbu yang diperlukan juga sederhana, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, sejumput garam dan gula, lada, serta sedikit kecap asin. Selain itu, untuk menambah protein, kamu bisa menambahkan udang, telur puyuh, atau potongan daging.

7. Sup Kacang Merah

Salah satu menu buka puasa yang mampu mengembalikan energi dan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa seharian adalah sup kacang merah. Selain itu, kacang merah adalah sumber protein yang mudah dicerna dan kaya akan asam folat, karbohidrat kompleks, serat, dan kalsium.

Bahkan, kacang merah dapat memasok kebutuhan protein hampir sama banyaknya dengan daging. Untuk memaksimalkan nilai gizinya, Realfoodfam dapat menambahkan daging atau ayam sebagai tambahan protein.

Selain 7 menu buka puasa sehat di atas, sebenarnya masih banyak menu lainnya yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar. Salah satunya adalah Realfood Cleanse Appletox, yaitu cemilan jelly sehat yang dapat membantu menutrisi pencernaan dan menghambat pembentukan lemak berlebih.

Bagi Realfoodfam yang ingin mempertahankan berat badan selama berpuasa, cocok, nih, untuk mengkonsumsinya. Pasalnya, Realfood Cleanse Appletox dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menekan rasa lapar, dan menghambat pembentukan lemak berkat kandungan ekstrak apel dan asam gelugur yang kaya akan HCA.Cemilan jelly sehat yang terbuat dari sarang burung walet ini juga praktis sehingga Realfoodfam dapat mengkonsumsinya untuk berbuka puasa maupun saat sahur. Selain itu, Realfood Cleanse Appletox juga tanpa pemanis buatan, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna, dan pastinya halal untuk dikonsumsi.

Baca Juga: