makanan sahur

Apakah Realfoodfam kerap melewatkan sahur saat berpuasa? Sebaiknya kebiasaan tersebut mulai diubah karena sahur berperan penting untuk kelancaran ibadah puasa. Namun, konsumsilah makanan sahur yang bernutrisi dan bikin kenyang lebih lama.

Dengan asupan yang bergizi, maka tubuh menjadi fit dan bisa tetap beraktivitas secara optimal seperti biasa bahkan saat berpuasa. Yuk, simak beberapa jenis makanan sahur yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat perut menjadi lebih tahan lapar, berikut ini:

1. Telur

Sumber protein yang mudah diolah dalam waktu singkat ini dapat membantu Realfoodfam merasa kenyang lebih lama. Setiap satu butir telur mengandung 6 gram protein, termasuk 9 jenis asam amino esensial.

Selain itu, berdasarkan penelitian Pennington Biomedical Research Center, telur dapat menekan ghrelin, hormon yang merangsang otak untuk merasa lapar dan memiliki keinginan makan.

Kandungan telur yang terdiri dari protein dan lemak juga dapat membuat kamu punya tenaga lebih untuk beraktivitas sepanjang hari meskipun sedang berpuasa. Kemudian, bagi Realfoodfam yang sering mengalami perut kembung saat puasa, bisa mengkonsumsi telur rebus.

Pasalnya, serat yang terkandung pada telur rebus dapat membersihkan perut dan melindungi ekosistem bakteri baik dalam perut. Namun, pastikan mengkonsumsi telur matang agar tubuh senantiasa sehat selama Ramadhan.

Beberapa olahan telur untuk sahur, yaitu omelet keju sayur, telur orak arik, sandwich telur mayo, atau telur dadar gulung sayuran.

2. Oatmeal

Selain telur, oatmeal juga kaya akan protein yang dapat memberikan Realfoodfam banyak energi. Selain itu, oatmeal juga termasuk sebagai asupan karbohidrat yang baik untuk pencernaan.

Kandungan tinggi serat pada oatmeal menjadi asupan yang baik bagi bakteri usus. Meskipun begitu, oatmeal rendah kalori namun dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Oatmeal bisa dipilih sebagai makanan sahur dan diolah menjadi smoothie yang dicampur dengan susu, strawberry, dan juga pisang. Atau, bagi penyuka makanan asin, bisa mengolah oatmeal seperti bubur ayam yang lezat.

3. Nasi Merah

Bagi beberapa orang, tidak afdol rasanya jika tidak mengkonsumsi nasi saat sahur. Namun, agar lebih bergizi, cobalah menggantinya dengan nasi merah. Pasalnya, nasi merah memiliki kalori yang lebih rendah daripada nasi putih.

Selain itu, sumber karbohidrat kompleks ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga proses penyerapan zat gizi akan menjadi lebih lambat pada tubuh. Pasalnya, makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi bisa membuat Realfoodfam cepat lapar.

Mengkonsumsi nasi merah saat sahur juga dapat membantu melancarkan gangguan pencernaan yang seringkali diderita saat puasa, seperti susah buang air atau sembelit. Itulah mengapa nasi merah cocok dijadikan santapan sahur, asalkan dimbangi dengan lauk pauk yang bergizi.

4. Kacang-kacangan

Makanan sahur yang direkomendasikan ini mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan. Selain itu, kandungan seratnya juga cukup tinggi sehingga membuat sistem pencernaan tetap terjaga selama bulan puasa.

Kandungan protein yang ada pada kacang-kacangan juga berperan penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Saat sahur, beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi adalah kacang edamame, kacang polong, kacang panjang, atau kacang almond, dan lain-lain.

Contoh menu sahur dengan bahan utama kacang yang bisa Realfoodfam masak untuk sahur misalnya adalah tumis buncis atau kacang panjang, lentil soup, atau sup kacang merah. Atau, jika ingin simple, bisa mengoleskan selai kacang pada roti tawar.

5. Sayur dan Buah

Saat menjalankan ibadah puasa, kadar air yang ada di dalam tubuh akan berkurang. Oleh karena itu, untuk menjaga kadar air dalam tubuh selalu tercukupi, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka, tomat, apel, bayam, selada, dan brokoli.

Selain mengandung air, sayur dan buah juga kaya akan serat, mineral, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Lengkapnya vitamin dan mineral yang ada pada sayur dan buah membantu Realfoodfam tetap merasa berenergi selama menjalani puasa seharian penuh.

6. Roti Gandum Utuh

Bagi Realfoodfam yang menyukai makanan sahur praktis, roti gandum utuh bisa menjadi alternatif yang sempurna. Pasalnya, roti gandum utuh dapat membantu kamu kenyang lebih lama dan memberikan suplai energi secara bertahap.

Selain itu, roti gandum utuh juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Untuk melengkapi nutrisi roti gandum utuh, tambahkan dengan potongan alpukat dan poached egg.

Selain mengkonsumsi 6 makanan sahur tersebut, untuk memenuhi nutrisi harian dan menekan rasa lapar saat berpuasa, Realfoodfam bisa mengkonsumsi Realfood Sporte Realmeals saat sahur. Meal Replacement ini memiliki nutrisi lengkap sehingga membuat rasa kenyang lebih lama.

Realfood Sporte Realmeals tinggi protein, vitamin, dan serat sehingga cocok untuk meningkatkan tenaga dan tetap berenergi meskipun menjalani ibadah puasa. Kandungan sarang burung waletnya dapat berfungsi sebagai sumber asam amino esensial dan antioksidan.

Kalori yang terkandung juga rendah, yaitu hanya 210 kcal. Realfood Sporte Realmeals juga hadir tanpa pemanis buatan, tanpa pewarna, tanpa bahan pengawet, dan yang terpenting adalah halal dikonsumsi. Rasanya yang lezat, cocok untuk Realfoodfam konsumsi saat sahur, tertarik mencobanya?

Baca Juga: