pantangan saat sahur

Realfoodfam, ternyata ada lho beberapa pantangan makanan saat sahur. Tidak melulu berhubungan dengan anjuran agama, tetapi makanan ini sebaiknya dihindari demi kesehatanmu. Misalnya makanan tinggi garam justru dapat menyebabkan dehidrasi, makanan tinggi gula dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan lemas beberapa jam setelah dikonsumsi. Nah lho, yuk kita cari tahu, makanan apa sih yang sebaiknya dihindari. 

1. Makanan Pedas

Jelas sebaiknya kita menghindari pantangan makanan pedas saat sahur karena makanan pedas seperti sambal dan lada akan menyebabkan iritasi di saluran pencernaan sehingga rentan sakit perut dan refluks asam lambung. Terlebih kalau kamu memiliki GERD, refluks asam lambung bisa mencapai tenggorokan dan mungkin bisa membatalkan puasamu. Belum lagi volume BAB akan meningkat dan bisa membuatmu dehidrasi jika terjadi diare! 

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang mengandung tinggi garam seperti kerupuk, mie instan, atau masakan yang tinggi garam dapat membuatmu merasa lebih cepat haus dan mudah mengalami dehidrasi. Pantangan makanan saat sahur ini juga termasuk dengan makanan yang dimasak tinggi MSG lho! Misalnya kuah bakso, sosis, cumi asin, dan sayur asin. Terlihat jika kamu lupa masak untuk sahur lalu mengonsumsi mie instan, maka kamu akan terasa lemas, lapar, dan ingin minum. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan ini berlebih ya, atau ganti dengan bahan yang lebih rendah sodium. Baik juga untuk kesehatan tekanan darahmu! 

3. Makanan Tinggi Gula 

Makanan yang mengandung tinggi gula seperti kue, pastry, roti, oatmeal dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat lalu insulin akan berusaha menurunkan gula tersebut sehingga kamu akan merasa lapar lebih cepat. Lebih baik konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, beras hitam, multigrain, atau ubi yang lebih lama diserap oleh tubuh sehingga tidak membuatmu merasa lapar di tengah hari. 

4. Makanan Tinggi Lemak 

Pantangan makanan saat sahur selanjutnya adalah makanan tinggi lemak seperti daging olahan, gorengan, dan makanan yang diolah dengan santan. Secara alami, makanan tinggi lemak ini akan membuatmu cepat kenyang dan begah, tetapi sangat sulit dicerna sehingga kamu hanya merasa kenyang di waktu yang singkat saja. Cobalah untuk mengonsumsi lebih sedikit makanan tinggi lemak dan fokus ke makanan tinggi protein dan serat agar kamu tidak merasa lapar di siang hari! 

5. Makanan Sulit Cerna 

Nah, banyak makanan yang sebenarnya sulit dicerna oleh tubuh seperti mie instan, keripik, burger, gorengan, susu, dan kacang-kacangan adalah makanan yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga meningkatkan kinerja pencernaan. Hasilnya kamu akan merasa sakit perut atau sensasi panas di dada dan tenggorokan (heartburn). Cobalah untuk mengurangi pantangan makanan saat sahur ini dan lebih memilih daging yang rendah lemak, ikan, susu rendah lemak, atau panggang makananmu daripada digoreng untuk mempermudah kinerja sistem pencernaan.

6. Minuman Bersoda 

Memang rasanya segar ya minum minuman bersoda. Sayangnya minuman ini tinggi akan gula yang membuatmu cepat merasa lapar lagi. Selain itu, minuman bersoda juga tidak mengembalikan rasa haus, justru kamu akan merasa haus terus menerus dan akhirnya dehidrasi! 

7. Kafein 

Kafein di dalam kopi atau teh bersifat diuretik atau cenderung mengeluarkan cairan dari dalam tubuh sehingga kamu lebih rentan dehidrasi. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan produksi asam lambung yang sebaiknya dijadikan pantangan makanan saat sahur. Konsumsi kafein setelah berbuka puasa ya, dan pilih yang kandungan kafeinnya lebih rendah seperti white tea, green tea, matcha, atau decaffeinated coffee.

Banyak ya ternyata pantangan makanan saat sahur. Well, memang sebaiknya kita lebih jeli dalam memilih makanan saat berpuasa. Nah, tapi kalau kamu anak kosan atau lebih suka makanan digoreng, Realfood selalu punya solusinya. Sebelum imsak tiba, tambahkan Realfood Cleanse Appletox sebagai cemilan yang akan membantu sistem pencernaanmu dan mencegah pembentukan lemak berlebih. Kaya akan ekstrak apel dan gelugur yang terbukti ampuh mencegah pembentukan lemak di tubuh, psyllium husk yang bantu melancarkan pencernaan sekaligus memenuhi kebutuhan serat harianmu, dan pastinya postbiotik supaya pencernaanmu tetap sehat. Cocok banget untuk membantu meningkatkan metabolisme dan mempertahankan berat badan di saat kamu lagi banyak-banyaknya konsumsi lemak dan gorengan. Jadi gimana, pilih pantanganan makanan saat sahur atau konsumsi Realfood aja? Dibarengin dong biar lebih sehat!

Baca Juga: