10 Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan Wajah Luar dan Dalam

16 Desember 2020
manfaat tomat untuk wajah

Buah tomat merupakan sumber antioksidan yang baik karena dapat menghasilkan likopen yang dapat mencegah resiko penyakit jantung, kanker, hingga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah tomat juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, dan juga asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan mata dan juga kesehatan kulit.

Apa saja manfaat tomat untuk wajah? Berikut ini beberapa fungsi dan khasiat buah tomat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kotoran, minyak, dan polusi dapat membuat kulit tampak kusam. Enzim yang terkandung dalam buah tomat dapat menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit lebih sehat.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dari buah tomat dapat memudarkan garis-garis halus dan kerutan, sehingga dapat melawan radikal bebas yang dapat memicu efek penuaan dini.

3. Mencerahkan Kulit

Kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang tinggi dapat berfungsi untuk memutihkan kulit wajah secara alami, mengurangi pigmentasi kulit, hingga mengatasi masalah flek hitam.

Baca juga: 7 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Melembabkan Hingga Bikin Glowing

4. Menghilangkan Komedo

Buah ini mampu mencegah pembentukan komedo dengan dipakai sebagai masker menggunakan campuran yogurt ataupun oatmeal. Komedo yang ada pada wajah merupakan salah satu efek dari penumpukan kotoran yang menyumbat pori-pori. Komedo terdapat dua jenis yaitu blackhead dan whitehead.

Komedo putih (whitehead). letaknya ada pada bagian bawah atau kulit yang lebih dalam, sehingga untuk menghilangkannya memerlukan perawatan khusus.

Komedo hitam (blackhead) memiliki letak di atas permukaan kulit, sehingga untuk menghilangkannya juga cukup mudah. Mengaplikasikan masker tomat secara rutin, dapat membantu mengurangi masalah komedo.

5. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Tomat memiliki sifat asam sehingga bisa menyeimbangkan tingkat ph kulit dan mampu mengatasi masalah minyak berlebih.

6. Mengatasi Jerawat

Manfaat tomat untuk wajah berjerawat adalah sebagai anti bakteri dan anti jamur. Timbulnya jerawat juga bisa dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti waktu tidur yang tidak teratur dan banyak mengonsumsi makanan berminyak. Disarankan agar Realfoodfam mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi jerawat agar wajah tetap cantik bersinar.

7. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat tomat untuk kulit wajah yang kering yaitu dapat merangsang pembentukan kolagen, menjaga kekenyalan kulit, dan membuat kulit tetap lembab. Bila kulit terasa kering, dapat menyebabkan gatal dan pengelupasan kulit bagian terluar. Menggunakan tomat sebagai bahan perawatan alami merupakan pilihan yang tepat.

8. Meredakan Iritasi Kulit

Bahan-bahan tertentu dalam produk kecantikan ataupun perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi kulit. Salah satu khasiat tomat adalah kaya akan senyawa anti inflamasi yang meredakan iritasi dan menenangkan kulit.

Peradangan bisa terjadi karena kulit sensitif yang tidak diatasi dengan tepat. Terapi dengan menggunakan tomat bisa mengatasi masalah kulit anda.

Tomat memiliki kandungan vitamin C dan E dalam jumlah besar. Cara mengaplikasikannya dapat digunakan sebagai scrub wajah atau sebagai masker. Apabila menggunakan masker tomat setiap hari, manfaatnya untuk wajah yaitu dapat  mengurangi peradangan yang terjadi dan membuat kulit wajah lebih sehat.

9. Mengencangkan Pori-Pori Kulit

Jus tomat dapat berfungsi sebagai astringent alami yang membantu mengecilkan pori-pori kulit serta menghambat penumpukan kotoran dan minyak. Menggunakan tomat di wajah setiap hari sangat bagus untuk menjaga warna kulit tetap merata.

Apabila pori-pori membesar tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan kulit. Hal tersebut dikarenakan pori yang membesar membuat kotoran diluar wajah menjadi masuk ke bagian terdalam kulit.

Baca juga: Simple Kok, Begini 7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

10. Mengobati Luka Bakar Akibat Sengatan Sinar Matahari

Dilansir dari  U.S. Department of Agriculture’s , 1 buah tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan ikat baru yang dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan karena luka bakar ringan ataupun sengatan sinar matahari.

Cara Membuat Masker Tomat

Bagi Realfoodfam yang ingin memanfaatkan tomat sebagai masker, berikut cara pemakaiannya.

  • Buat jus tomat menggunakan blender.
  • Campurkan dengan oatmeal ataupun yogurt.
  • Aduk hingga merata.
  • Oleskan pada Wajah.
  • Tunggu selama 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Menggunakan bahan-bahan alami seperti tomat untuk merawat kesehatan kulit wajah dapat menjadi salah satu cara alternatif. Masih ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa digunakan seperti lidah buaya dan madu untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Mengonsumsi tomat dapat menjaga kecantikan kulit dari dalam. Lengkapi juga dengan Realfood Forever Young+ untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Sumber data: 

  • https://www.urbancompany.com/blog/beauty/benefits-of-using-tomato-for-face
  • https://www.healthline.com/health/tomato-benefits-for-skin
  • https://food.ndtv.com/beauty/tomatoes-for-skin-care-heres-how-you-can-use-tomatoes-for-soft-and-supple-skin-1844984
  • https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/everyday/tomato-benefits-for-skin

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars