tips menjaga kesehatan saat bulan puasa

Bulan Puasa menjadi bulan yang paling dinanti oleh kebanyakan umat Muslim diseluruh dunia. Karena satu bulan dari 11 bulan lainnya ini merupakan bulan suci dan penuh pengampunan. Banyak orang memanfaatkannya sebagai momen untuk memperbaiki diri. Tidak heran banyak yang mempersiapkan untuk menyambut bulan Ramadan dari jauh hari untuk membuat momen Ramadan terasa spesial. 

Selama menjalankan puasa di bulan Ramadan, tubuh kita pun melakukan penyesuaian. Pola makan dan olahraga mengalami sedikit perubahan, untuk itu tubuh pun akan beradaptasi. Lantas apa saja sih yang harus dipersiapkan agar bisa menjalankan puasa penuh selama satu bulan ke depan? Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan selama bulan puasa.

1. Makan Secukupnya

Selama bulan puasa, tubuh kita pasti beradaptasi dengan pola makan, istirahat, dan olahraga yang mengalami perubahan. Pasalnya selama 12 jam menjalankan puasa Ramadan, jam makan berubah menjadi sahur dan berbuka. Untuk itu, kita juga harus memperhatikan asupan makanan agar tidak menimbulkan perasaan tidak nyaman selama berpuasa 12 jam. 

Dilansir dari laman web zerofasting.com, mengonsumsi kalori yang berlebihan setelah berpuasa dapat menambah jumlah kalori dan membuat perut menjadi sesak karena kekenyangan. Untuk itu disarankan untuk makan dengan porsi normal dan tidak berlebihan.

Cara menjaga kesehatan selama bulan puasa terbaik yang bisa Realfoodfam terapkan yaitu dengan makan secara bertahap, dimulai dari minum segelas air putih dan sedikit makanan ringan. Setelah 15 menit, baru makan nasi, sayuran dan lauk-pauk sesuai porsi normal. Akan lebih baik, bila menu yang dihidangkan adalah menu makanan sehat dan bergizi seimbang.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Berpuasa selama 12 jam membuat tubuh kekurangan cairan dan rentan dehidrasi. Sehingga menyebabkan Realfoodfam mudah lelah dan mengantuk. Pastikan untuk minum air putih sebanyak mungkin di waktu berbuka dan sahur sebagai salah satu cara menjaga kesehatan selama bulan puasa. Ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko dehidrasi selama puasa dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Cobalah untuk minum air delapan gelas setiap hari sebelum fajar dan setelah berbuka puasa. Jika kamu tidak terbiasa minum air putih dalam ukuran banyak, Realfoodfam bisa menyiasatinya dengan minum segelas 3 gelas air putih diwaktu sahur, 3 gelas saat waktu berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur malam hari. 

Selama berpuasa, Realfoodfam juga harus mengurangi minuman yang berkafein seperti kopi, teh, dan soda. Minuman tersebut dapat memiliki efek diuretik yang menyebabkan Realfoodfam lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh lebih cepat hilang.

Baca juga: 9 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

3. Tetap Melakukan Aktivitas 

Menjaga kesehatan saat puasa memang tidak mudah, terutama jika Realfoodfam belum terbiasa. Tidak heran jika diawal puasa tubuh akan mengalami adaptasi, salah satunya dengan merasa lelah, mengantuk, dan lapar sepanjang hari. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan selama bulan puasa yang bisa dilakukan yaitu dengan tetap beraktivitas sebagai pengalih perhatian, dan membiasakan tubuh agar tetap bergerak. 

Namun, perlu diingat juga bahwa aktivitas yang dilakukan bukanlah kegiatan yang menguras tenaga, seperti mengangkat beban yang berat, atau lari karena itu justru akan semakin membuang tenaga dan membuat Realfoodfam cepat lelah. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi, bersepeda, atau yoga. Realfoodfam bisa memanfaatkan 30-45 menit waktu sebelum berbuka puasa untuk sedikit berolahraga.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

4. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

Selain pola makan dan olahraga yang mengalami sedikit perubahan selama bulan Ramadan, waktu istirahat kita pun sedikit mengalami penyesuaian. Walau harus terbangun tengah malam untuk sahur pastikan selama berpuasa untuk tetap memenuhi kebutuhan jam tidur 6-8 jam saat malam hari. Cara menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah dengan memaksimalkan waktu tidur. Realfoodfam bisa mulai tidur setelah menjalankan ibadah sholat Tarawih hingga waktu sahur. Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan segar selama berpuasa. Jangan terlalu lama tidur karena justru hal itu akan membuat otot-otot tubuh terasa kaku dan cepat haus.

5. Konsumsi Suplemen Tambahan

Orang yang berpuasa cenderung mengalami kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Selain makanan bergizi dan olahraga ringan, salah satu cara menjaga kesehatan selama bulan puasa adalah bisa dengan mempertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin tambahan agar tetap sehat selama berpuasa. 

Realfoodfam bisa mengonsumsi Program 12 Hari Realfood Ever Glow atau Ever Glow+ dengan kandungan utama sarang burung walet yang dilengkapi dengan ekstrak buah kurma yang mampu memenuhi nutrisi tubuh, sehingga siap menemani segala aktivitas padat setiap hari. Kandungan sarang burung walet pada Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ dapat membantu menjaga imunitas dan metabolisme selama menjalankan ibadah puasa. Realfood dapat dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa. Kandungan bird’s nest Realfood pada Ever Glow+ lebih padat sehingga cocok untuk Realfoodfam yang terbiasa memiliki aktivitas padat sehari-hari. Atau jika Realfoodfam memiliki aktivitas yang relatif ringan bisa dengan mengonsumsi Realfood Ever Glow.

Itulah beberapa tips atau cara menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. Yuk, persiapkan diri dari sekarang untuk menyambut bulan yang penuh berkah bersama #FitWithRealfood.