5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

21 April 2021
tips menjaga kesehatan saat bulan puasa

Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki bulan puasa Ramadhan, bagi yang menjalankannya tentu harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjalankan puasa penuh selama satu bulan ke depan. Berikut tips menjaga kesehatan saat bulan puasa.

1. Makan Secukupnya

Dilansir pada laman web zerofasting.com, mengonsumsi kalori yang berlebihan setelah berpuasa dapat menambah jumlah kalori dan membuat perut menjadi sesak karena kekenyangan. Disarankan untuk makan dengan porsi seperti biasanya saja dan jangan berlebihan.

Cara menjaga kesehatan selama bulan puasa terbaik yang bisa Realfoodfam terapkan yaitu dengan makan secara bertahap, dimulai dari makanan ringan seperti minum air putih dan sedikit makanan manis. Setelah 15 menit, baru makan nasi dan lauk-pauknya. Akan lebih baik, bila menu yang dihidangkan adalah menu makanan sehat dan bergizi seimbang.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air putih sebanyak mungkin di waktu berbuka dan sahur menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko dehidrasi selama puasa dan menjaga tubuh agar tetap sehat. Cobalah untuk minum air delapan gelas setiap hari sebelum fajar dan setelah berbuka puasa.

Realfoodfam juga harus mengurangi minuman yang berkafein seperti kopi, teh, dan soda. Minuman tersebut dapat memiliki efek diuretik yang menyebabkan Realfoodfam lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh lebih cepat hilang.

Baca juga: 9 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

3. Tetap Melakukan Aktivitas Lain

Menjaga kesehatan saat puasa memang tidak mudah, terutama jika Realfoodfam belum terbiasa. Oleh karena itu, ada cara yang bisa dilakukan yaitu dengan tetap beraktivitas sebagai pengalih perhatian.

Namun, perlu diingat juga bahwa aktivitas yang dilakukan bukanlah kegiatan yang menguras tenaga, seperti mengangkat beban yang berat karena itu justru akan semakin membuang tenaga dan membuat Realfoodfam cepat lelah.

Bila ingin olahraga, disarankan hanya melakukan olahraga ringan saja, seperti lari pagi, dan bersepeda.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

4. Miliki Waktu Istirahat yang Cukup

Selama berpuasa, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan jam tidur 6-8 jam saat malam hari. Cara menjaga kesehatan selama bulan puasa pada siang hari Realfoodfam bisa tidur 2 sampai 3 jam untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan segar. Jangan terlalu lama tidur, karena akan membuat otot-otot tubuh terasa kaku dan cepat haus.

5. Siapkan Suplemen Khusus

Orang yang berpuasa cenderung mengalami kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Karena alasan tersebut, Realfoodfam yang berpuasa secara teratur perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin agar tetap sehat selama berpuasa.

Selain mengonsumsi multivitamin, Realfoodfam juga bisa mengonsumsi Program 12 Hari Realfood Ever Glow dengan formulasi semi concentrated dan ekstrak buah kurma yang mampu memenuhi nutrisi tubuh, sehingga siap menemani segala aktivitas padat setiap hari.

Itulah beberapa tips atau cara menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. Yuk, persiapkan diri dari sekarang untuk menyambut bulan yang penuh berkah bersama #FitWithRealfood.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars