9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

21 April 2021
manfaat puasa bagi kesehatan

Memasuki bulan Puasa, tentu ada persiapan khusus yang dilakukan seperti menyimpan bahan makanan hingga menjaga kesehatan agar puasa yang dilakukan dan manfaat puasa dapat berjalan secara maksimal.

Sebenarnya, puasa bisa dilakukan oleh siapa saja. Ketika berpuasa, tubuh secara efisien menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang telah kita makan.

Dengan berpuasa, Realfoodfam dapat membatasi makanan yang masuk ke dalam tubuh agar berat badan tetap terjaga dengan baik. Cara ini juga banyak digunakan untuk melakukan diet dengan hanya mengonsumsi makanan yang sehat saja.

Realfoodfam harus makan dan minum terlebih dahulu sebelum melakukan puasa. Ketika sudah melewati 8-12 jam, Realfoodfam baru bisa makan dan minum kembali. Puasa dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan sebanyak 2 kali sehari dengan rentang waktu selama 12 jam.

Ketika sedang menjalankan puasa, usahakan untuk mengonsumsi makan-makanan yang bergizi seimbang, seperti brokoli, telur, nasi merah, oatmeal, kurma, dsb.

Sebaiknya, hindari pula konsumsi makanan yang berlemak dan memiliki karbohidrat terlalu tinggi untuk mencegah kekenyangan dan justru membuat berat badan meningkat.

Lalu, apa saja manfaat puasa  bagi kesehatan tubuh? 

1. Membantu Mengontrol Gula Darah

Puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah yang berguna untuk menurunkan risiko penyakit diabetes serta mengurangi resistensi insulin. 

Penurunan resistensi insulin ini dapat memungkinkan tubuh untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien. Hal ini tentunya akan membantu Realfoodfam untuk menjaga gula darah dalam tubuh lebih stabil. 

2. Mengurangi Peradangan 

Penelitian tahun 2012 oleh National Library of Medicine menunjukkan jika peradangan mungkin terjadi akibat penyakit jantung, kanker, hingga kondisi kronis lainnya. 

Namun, kondisi ini dapat diperbaiki dengan berpuasa. Salah satu studi yang dilakukan pada tahun 2012 membuktikan jika orang yang berpuasa selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat peradangan. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung  

Selain mengurangi peradangan pada tubuh, beberapa penelitian juga membuktikan manfaat puasa bagi kesehatan jantung. 

Studi penelitian dari tahun 2010 oleh National Library of Medicine mengungkapkan jika puasa dilakukan secara bergantian selama delapan minggu mampu mengurangi kadar LDL jahat dan trigliserida darah mencapai 25% dan 32%. 

Baca juga: Pedoman Makanan dengan Gizi Seimbang

4. Berpotensi Meningkatkan Fungsi Otak 

Puasa juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif pada otak. Hal ini dibuktikan pada studi tahun 2013 yang dilakukan pada hewan bahwa puasa yang dilakukan selama 11 bulan  mampu meningkatkan struktur otak dan fungsinya. 

Dengan berpuasa, sel-sel pada otak akan diregenerasi dengan sel baru yang membuat fungsi otak bisa berjalan dengan baik serta mampu mencegah penurunan daya ingat.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Puasa menjadi salah satu cara yang banyak digunakan untuk membantu menurunkan berat badan karena membatasi asupan kalori dalam tubuh. 

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut lifehack.org, salah satu manfaat puasa yaitu dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh karena mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan mengatur peradangan dalam tubuh. 

Secara alami jika tubuh yang sakit diistirahatkan, maka sistem internal dalam tubuh akan memerangi virus penyebab penyakit tersebut. 

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

7. Puasa Mampu Menurunkan Resiko Kanker 

Puasa terbukti dapat memiliki efek menguntungkan pada metabolisme tubuh yang mampu menurunkan risiko kanker. 

Tak hanya itu saja, ada juga penelitian tahun 2012 oleh National of Medicine yang membuktikan bahwa berpuasa mampu mengurangi berbagai efek samping bagi pasien kemoterapi. 

8. Membantu Membersihkan Kulit 

Manfaat puasa bagi kesehatan kulit, yaitu mampu membersihkan kulit dari sel kulit mati karena dapat mendorong produksi kolagen yang lebih sehat, sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

9. Menjaga Sistem Pencernaan

Saat berpuasa, sistem pencernaan memiliki waktu lebih banyak untuk bisa mencerna apa yang ada di dalam tubuh. Ketika tidak ada asupan makanan yang masuk, sistem pencernaan dapat fokus untuk perbaikan pada sistem lain sehingga lebih maksimal dalam proses membersihkan racun serta mengatur organ penting dalam tubuh lainnya. 

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa didapatkan. Bagi Realfoodfam yang menjalankan puasa dan ingin tetap fit sepanjang hari, dapat dibantu dengan mengonsumsi Program 12 hari Fit with Realfood Ever Glow+ yang dirancang secara khusus dengan ekstrak kurma dan formulasi untuk menemani setiap aktivitas padat setiap hari.

Bahan yang digunakan pun berasal dari bahan alami yang telah teruji BPOM dan telah mendapatkan sertifikasi halal, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars