makanan rendah karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dan kerap dikonsumsi oleh kebanyakan orang sehari-harinya. Namun jika Realfoodfam sedang menjalankan program diet, kamu mungkin akan mulai mengonsumsi makanan rendah karbohidrat sebagai opsi menu harian. Pasalnya dengan membatasi asupan karbo setiap harinya dapat menurunkan berat badan, menjaga kadar gula dalam darah dan juga berbagai manfaat untuk kesehatan lain. Nyatanya banyak juga lho makanan sehari-hari yang biasa Realfoodfam konsumsi yang mengandung sedikit karbohidrat, namun mungkin kamu belum menyadarinya. Dengan mengetahui makanan yang baik dikonsumsi saat program diet akan memudahkan keberhasilanmu mencapai tujuan dari program dietmu nih, Realfoodfam! Pastinya gak cuma menginginkan badan langsing, namun juga badan sehat dan tetap kuat kan? 

Berikut adalah list 7 makanan rendah karbohidrat yang dapat kamu konsumsi untuk tetap menjaga berat badanmu.

1. Ikan salmon

Salah satu menu makanan rendah karbohidrat pertama yang dapat kamu coba adalah ikan salmon. Dengan rutin mengonsumsi ikan salmon yang mengandung lemak omega-3 yang sangat baik untuk tubuh selain dapat menjaga kesehatan jantung, ikan salmon juga kaya akan vitamin B-12, vitamin D3, dan yodium.

2. Daging sapi 

Siapa sangka kalau daging sapi yang kerap kamu konsumsi mengandung hampir nol karbohidrat? Selain itu, daging sapi juga memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi dan vitamin B12

3. Daging ayam 

Daging ayam terutama bagian dada tanpa lemak memiliki nutrisi tinggi dan merupakan sumber protein yang sangat baik. Kamu bisa mengonsumsi daging ayam sebagai salah satu menu makanan rendah karbohidrat dan mengolahnya menjadi grilled chicken ditemani dengan sayuran rebus untuk melengkapi nutrisi harianmu. 

4. Realfood Cleanse

Jika kamu malas atau tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makananmu selama menjalani program diet, kamu bisa mengonsumsi Realfood Cleanse untuk melengkapi diet sehatmu. Tersedia dalam dua varian yaitu Jelly Appletox dan Passion Power, produk terbaru dari Realfood Indonesia ini berfungsi sebagai fat blocker dan juga penahan rasa lapar yang mengandung berbagai enzim kompleks dan 12 jenis buah-buahan. Tak perlu takut karena Realfood Cleanse mengandung bahan yang 100% halal, sudah bersertifikasi BPOM dan juga pastinya aman untuk diet yang kamu jalani. 

5. Alpukat

Salah satu menu andalan bagi para pejuang diet adalah alpukat. Dalam 100 gram alpukat terdapat tidak lebih dari 8,53 gram karbohidrat. Namun walau mengandung karbo yang rendah, alpukat memilki banyak kandungan serat. Tak heran alpukat kerap jadi menu andalan saat sarapan atau ngemil sehat kan.

6. Stroberi

Stroberi bisa menjadi salah satu opsi makanan rendah karbohidrat yang bisa kamu konsumsi selama menjalani program diet. Dalam 100 gram buah stroberi hanya terdapat 8 gram karbohidrat. 

7. Semangka

Buah-buahan lain yang bisa kamu konsumsi selagi diet adalah semangka. Karbohidrat yang ada pada 100 gram buah semangka hanya 7,5 gram. Namun pastikan untuk konsumsi secukupnya dan tetap diimbangi dengan nutrisi lainnya ya, Realfoodfam!

8. Brokoli 

Brokoli merupakan opsi sayuran lain yang bisa kamu santap saat diet tanpa memikirkan karbohidrat, sebab dalam 100 gram brokoli hanya terdapat 6 gram karbo. Selain itu brokoli juga kaya akan vitamin C dan K. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara di rebus atau ditumis dengan sedikit minyak dan bawang putih. 

9. Timun

Sayuran yang sering dinikmati sebagai lalapan ini ternyata hanya mengandung karbohidrat sebanyak 4 gram loh, Realfoodfam! Mayoritas kandungan pada timun terdiri atas air dan juga terdapat vitamin K. 

10. Tomat

Tomat dikenal kaya akan vitamin C sehingga seringkali dimanfaatkan sebagai opsi untuk meredakan sariawan. Tapi ternyata tomat juga memiliki kadar karbohidrat yang rendah lho, Realfoodfam!

11. Keju

Siapa sih yang tak suka keju? Kebanyakan orang menyukai keju atau berbagai olahannya. Ternyata keju juga tergolong rendah karbohidrat loh. Jadi semakin semangat kan untuk makan keju di pagi hari. 

12. Yogurt

Produk olahan susu yang ternyata mengandung rendah karbohidrat adalah yogurt yang dikenal kaya akan kalsium dan zat besi serta fosfor. Dalam 11 gram yogurt hanya terdapat 5 gram karbohidrat. 

Namun sebelum melakukan diet dan mengurangi makanan rendah karbohidrat atau asupan makanan tertentu, ada baiknya kamu konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi. Karena ada beberapa orang yang tidak boleh melakukan diet karbohidrat seperti penderita ginjal. Alih-alih ingin memiliki tubuh langsing, malah muncul penyakit lain. Tetap konsultasikan dengan dokter ya, Realfoodfam!

Artikel Terkait Lainnya: