snack korea

Berbicara tentang Korea tidak terlepas dari drama, idol, maupun makanannya, termasuk kudapannya yang menggugah selera. Kudapan Korea memiliki citarasa yang bervariasi, mulai dari asin, gurih, hingga manis. Pada umumnya snack Korea yang tradisional dijajakan di pinggiran jalan atau di pasar di Korea.

Sedangkan kudapan modern Korea mudah ditemukan dijaringan minimarket di Korea. Biasanya wisatawan asing menjadikan cemilan Korea sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang karena memiliki banyak variasi yang menarik untuk disantap. Jika Realfoodfam ingin tahu apa saja snack Korea tradisional dan modern yang wajib dicoba, berikut ini adalah daftarnya:

1. Bungeoppang

Kudapan Korea yang satu ini berbahan utama terigu dan dicetak dalam bentuk ikan. Dahulu bungeoppang hanya berisi selai kacang merah, namun kini isinya beragam, mulai dari cokelat, chestnut, hungga ubi manis. Biasanya snack Korea yang satu ini banyak dijajakan ketika musim dingin karena lebih nikmat dimakan selagi bungeoppang masih hangat.

2. Mandu

Hampir sama dengan dumplings, snack Korea tradisional ini berisi daging cincang dan juga sayuran yang dibalut dengan kulit pangsit. Mandu disajikan beragam, mulai dari digoreng, dikukus, dipanggang, maupun dilengkapi dengan kuah. Di Korea, mandu dianggap sebagai simbol keberuntungan dan seringkali disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek Korea.

3. Tteokbokki

Pasti Realfoodfam familiar dengan kudapan Korea yang satu ini, bukan? Tteokbokki berbahan dasar tepung beras, berbentuk silinder mini, dan memiliki tekstur yang kenyal. Kudapan Korea ini diolah dengan gochujang, sehingga memiliki cita rasa pedas manis khas Korea.

4. Odeng

Bahan baku odeng adalah daging ikan yang dihaluskan, dicampur dengan tepung terigu, dan dibentuk pipih. Kemudian, odeng ditusuk seperti sate dan disajikan bersama kuah kaldu hangat. Fishcake khas Korea ini mudah ditemui di sepanjang jalan pasar tradisional maupun modern di Korea.

5. Hotteok

Adonan hotteok terdiri dari campuran antara tepung beras ketan, tepung terigu, ragi, susu, dan gula. Isian dari hotteok sangat beragam, mulai dari madu, kacang tanah, dan juga biji wijen. Berbentuk seperti pancake goreng, hotteok pada umumnya memiliki rasa yang manis dan lebih lezat dinikmati selagi hangat.

6. Tokkebi Hot Dog

Sering muncul didrama Korea, tokkebi adalah sosis yang ditusuk dengan tusuk sate, dibalut dengan adonan roti, ditaburi potongan kentang yang kemudian digoreng. Biasanya, snack Korea ini disajikan bersama saus tomat dan mayones. Tidak sulit menemui tokkebi karena banyak dijual pedagang kaki lima di Korea.

7. Binggrae Banana Milk

Sesuai dengan namanya, binggrae banana milk adalah susu rasa pisang. Minuman ini sangat legendaris sehingga siapapun yang datang ke Korea pasti membelinya. Selain rasanya enak, kemasannya juga sangat lucu sehingga tidak heran hingga kini binggrae masih banyak digemari.

8. Honey Butter Almond

Bagi Realfoodfam yang doyan ngemil, jangan lewatkan kudapan Korea yang satu ini. Honey butter almond adalah kacang almond gurih yang berpadu dengan mentega Prancis dan madu akasia sehingga bikin ketagihan. Kudapan ini mudah ditemukan dijaringan minimarket yang tersebar di Korea.

9. Pepero

Jika Jepang punya Pocky, di Korea, snack berbentuk stick ini bernama Pepero. Snack yang diproduksi oleh Lotte ini hadir dengan berbagai rasa, seperti coklat, almond, strawberry, white chocolate cookie, dan lain-lain. Bahkan, seringkali Pepero mengeluarkan seri limited edition yang banyak diburu orang Korea maupun wisatawan yang datang ke Korea.

10. Kimchi Jjigae Chips

Sup pedas khas Korea atau kimchi jjigae adalah hidangan khas Korea yang wajib dicoba. Kini kimchi jjigae hadir dalam bentuk chips yang memiliki rasa yang unik. Jika datang ke Korea, Realfoodfam bisa menjadikan kimchi jjigae chips sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

11. Market O Real Green Tea Brownie

Kudapan yang satu ini begitu populer dan laris di Korea. Pasalnya, brownies ini dibuat oleh bahan petani lokal Korea sehingga tidak memiliki zat tambahan kimia sedikitpun. Potongan coklat yang legit ditambah rasa khas teh hijau yang menggoda serta tekstur brownies yang lembut membuat snack ini bikin Realfoodfam ketagihan.

12. Orion Strawberry Choco Pie

Choco Pie adalah snack yang terdiri dari dua lapis kue lembut dengan isian marshmallow dan dilapisi coklat manis. Rasa original choco pie adalah cokelat, namun Realfoodfam juga bisa mencoba rasa lainnya yang tidak kalah enak, yaitu strawberry. Memiliki kemasan warna pink dan wangi strawberry, kudapan Korea ini hadir sebagai koleksi terbatas yang patut dicoba.

Itulah 12 snack Korea yang wajib dicoba, mulai dari snack tradisional hingga snack modern yang sedang ngetrend. Jika Realfoodfam ingin mencoba kudapan sehat yang terinspirasi suplemen makanan K-beauty, Realfoodfam bisa mencoba Realfood Jelly Flawless. Cemilan sehat yang satu ini berbentuk jelly dan berbahan dasar burung walet.

Kandungan kolagen dan retinolnya membuatnya mampu menstimulasi pembentukan kolagen secara alami di tubuh dan menutrisi kulit dari dalam. Adanya kandungan elderberry dan pomegranate membuat Realfood Jelly Flawless memiliki rasa yang segar. Realfood Jelly Flawless sangat praktis sehingga Realfoodfam bisa mengonsumsinya kapan saja dan di mana saja.

Artikel Terkait Lainnya: