manfaat buah ciplukan untuk kecantikan wajah

Buah ciplukan adalah salah satu jenis tumbuhan Solanaceae yang memiliki nama latin Physalis peruviana L. dan bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif ataupun sebagai bahan dasar produk kecantikan.

Buah ini mengandung serat, karbohidrat, vitamin B, vitamin C, vitamin K, beta-karoten, antioksidan, anti inflamasi, rendah kalori, protein, vitamin A, zat besi, dan fosfor. Buah ciplukan juga bisa disebut sebagai golden berry atau gooseberry.

Ketika belum matang, buah ciplukan akan berwarna hijau. Namun, ketika sudah matang, buah ciplukan akan berubah warnanya menjadi kuning keemasan dengan rasa yang sedikit asam manis.

Namun siapa sangka, buah ciplukan memiliki beragam khasiat untuk kecantikan dan juga kesehatan. Berikut manfaat buah ciplukan yang wajib diketahui.

1. Manfaat buah ciplukan Mampu Menjaga Berat Badan

Buah ciplukan memiliki nilai kalori yang rendah. Per 100 gram buah ciplukan hanya mengandung 53 kalori saja. Buah ini sangat cocok dijadikan cemilan sehat saat Realfoodfam menjalani program diet.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi dari daun ciplukan berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyebaran sel kanker, sehingga buah ciplukan ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah ciplukan untuk kecantikan ialah mampu mencegah penuaan dini yang terjadi. Kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat berperan untuk memproduksi kolagen agar bisa meregenerasi sel-sel kulit mati.

Baca jugaWah, Ternyata Ini 5 Manfaat Kolagen untuk Wajah

4. Menurunkan Tekanan Darah 

Polifenol dan karotenoid yang tergantung dalam buah ciplukan bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dan menyeimbangkan tekanan darah, sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Merawat Kesehatan Tulang

Manfaat buah ciplukan untuk menjaga memenuhi kebutuhan kalsium dan memperkuat tulang karena diperkaya dengan vitamin K. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat mengatasi rematik dan dermatitis.

6. Manfaat buah Ciplukan dapat Mengontrol Gula Darah 

Kandungan serat fruktosa dalam buah ciplukan mampu menurunkan kadar gula darah. Untuk mengonsumsi buah ini sebagai obat-obatan, alangkah baiknya agar Realfoodfam berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

7. Dapat Melawan Kanker dan Anti Peradangan

Dilansir dari situs WebMD, buah ciplukan diketahui mengandung steroid yang bermanfaat melawan penyakit lupus, peradangan, radang usus, dan dapat digunakan sebagai pengobatan kanker.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Buat Kulit Nampak Cerah dan Sehat, Tertarik?

8. Memberikan Nutrisi Selama Kehamilan

Selama masa mengandung, ibu hamil akan rentan mengalami kulit kering. Khasiat buah ciplukan dengan mengonsumsinya secara rutin, kandungan vitamin C dan zat besi di dalamnya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan.

9. Dapat Meredakan Nyeri Artritis

Buah ciplukan termasuk salah satu buah dengan sumber vitamin B3 yang baik untuk kesehatan. Niacin yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan aliran darah serta meredakan nyeri sendi.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Diketahui juga bahwa physalis kaya akan vitamin A dan kandungan beta karoten berkhasiat menjaga penglihatan mata dan menghindari kondisi seperti rabun senja. Buah ini juga bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk mencegah gangguan penglihatan yang bisa terjadi.

Untuk memaksimalkan perlindungan mata, Realfoodfam bisa ikut Program 12 Hari Bright Sight dari Realfood yang diperkaya dengan ekstrak vitamin A dan madu untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mengatasi mata lelah karena aktivitas seharian.

11. Sebagai Bahan Alami Penghilang Jerawat

Dilansir dari portal berita Kompas, baru-baru ini beberapa mahasiswa dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meneliti ekstrak daun tanaman ciplukan berkhasiat sebagai antipiretik, anti inflamasi, dan detoksifikasi untuk melawan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Baca juga: Alami dan Berkhasiat, Beginilah Cara Mudah Basmi Jerawat

12. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering terkadang membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Perlu Realfoodfam ketahui bahwa buah ini juga bisa bermanfaat bagi kecantikan karena buah tersebut mengandung banyak antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit.

13. Membuat Kulit Lebih Halus dan Cerah Bersinar

Khasiat buah ciplukan mampu mengoptimalkan proses pembuangan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Hal inilah yang dapat membantu mencerahkan kulit secara alami.

Itulah berbagai manfaat alami dari buah ciplukan untuk kesehatan maupun kecantikan yang bisa Realfoodfam dapatkan ketika mengonsumsinya.

Artikel lainnya yang terkait “kecantikan wajah”