manfaat buah pir untuk ibu hamil

Dalam kondisi mengandung buah hati, setiap ibu hamil tentu berusaha menjaga asupan makanan demi perkembangan janin yang sehat. Salah satu hal yang bisa Realfoodfam lakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang menyehatkan, salah satunya adalah buah pir.

Mungkin Realfoodfam akan bertanya, bolehkah ibu hamil makan buah pir? Tentu saja boleh, bahkan buah pir aman untuk dikonsumsi karena mengandung beberapa nutrisi, seperti anti inflamasi, antioksidan, asam folat, flavonoid, kalori, magnesium, potasium, serat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini berbagai manfaat buah pir untuk ibu hamil.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan berbagai macam serat yang tinggi, buah pir sangat baik untuk ibu hamil karena mampu menjaga kesehatan usus.  Untuk 1 buah pir dengan ukuran 178 gram atau kategori sedang mengandung 6 gram serat atau setara 22% dari kebutuhan serat harian.

Selain itu, buah pir juga bermanfaat untuk mencegah sembelit yang bisa terjadi karena pola makan yang tidak baik, perubahan hormon, kurangnya asupan serat dalam tubuh, hingga kurang minum air putih.

2. Meringankan Gejala Morning Sickness

Sebagian ibu hamil biasanya mengalami mual maupun morning sickness ketika sedang mengandung. Tentu hal ini akan membuat aktivitas menjadi kurang nyaman. Manfaat buah pir untuk Ibu hamil yaitu bisa meringankan gejala tersebut, sehingga Realfoodfam tidak merasakan gejala mual dan muntah.

Baca juga: Jenis Makanan Tinggi Protein untuk Ibu Hamil

3. Sebagai Antioksidan yang Baik Bagi Tubuh

Manfaat buah pir untuk ibu hamil berikutnya yaitu sebagai antioksidan dan quercetin membantu melawan radikal bebas serta membantu mengurangi peradangan dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Selain itu, dengan kandungan vitamin C  buah pir juga bisa membantu memperkuat gusi dan juga gigi pada janin. Disarankan agar selalu memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan menutrisi bayi dalam kandungan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan procyanidin dapat melancarkan peredaran darah dan menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Penelitian menunjukkan mengonsumsi 2 buah pir setiap hari selama 3 bulan pertama dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

5. Mencegah Resiko Kanker

Khasiat buah pir baik untuk ibu hamil karena kandungan senyawa antosianin dan asam sinamat yang ada di dalamnya bermanfaat untuk melawan sel-sel kanker. Menurut penelitian, buah pir dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara, kanker ovarium, kanker perut, kanker paru, dan juga kanker kandung kemih.

Baca juga7 Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Sebaiknya Dikonsumsi Tiap Hari

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Ketika dalam kondisi hamil, Realfoodfam mungkin seringkali tidak memperhatikan penampilan diri karena sibuk memberikan berbagai asupan gizi untuk janin di dalam kandungan.

Manfaat buah pir untuk Ibu hamil juga dapat menutrisi kulit dengan baik, sehingga aman dikonsumsi bagi ibu hamil. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya mampu meremajakan sel kulit dan melawan radikal bebas yang dapat memicu kerutan halus di wajah.

7. Menurunkan Risiko Bayi Terlahir Cacat

Buah pir termasuk salah satu buah dengan tingkat asam folat yang tinggi, sehingga mampu menurunkan risiko bayi terlahir cacat. Asam folat akan menunjang produksi sel darah merah serta perkembangan sumsum tulang belakang.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan buah pir bagi ibu hamil, Realfoodfam juga bisa ikut Program 12 Hari Wonder Mom yang diformulasikan secara khusus karena mengandung asam folat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.