cara mengatasi kulit kering saat puasa

Saat berpuasa biasanya tubuh akan memiliki cadangan cairan yang lebih sedikit, sehingga menyebankan kulit kering dan dehidrasi. Tak hanya terjadi pada tubuh, dehidrasi juga dapat terlihat di kulitmu lho, Realfoodfam! Untuk itu meski berpuasa, sangat penting untuk menjaga stamina dan cadangan cairan dengan mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh dan kulit tetap sehat. Kulit yang kering akan membuat wajah nampak kusam dan juga berdampak pada ketidakseimbangan metabolisme. Tak heran jika tubuh kekurangan air, maka metabolisme tubuhmu akan melambat. 

Selain membuat kulit kering, kekurangan cairan juga dapat membuat tubuh lemas, rentan mengalami sakit kepala hingga pandangan kabur. Tubuh yang kekurangan cairan tak hanya terlihat dari wajah yang kusam, namun juga area tubuh lain seperti lengan dan kaki yang terkadang terkelupas. 

Untuk mengatasi kulit kering saat berpuasa, kamu dapat melakukan 7 cara ini untuk mengatasinya!

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Meski berpuasa, pastikan untuk tetap mengonsumsi air minimal 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas. Meski terlihat sulit, kamu dapat menyiasatinya dengan metode 2 4 2. Yakni minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Sehingga meskipun berpuasa 12 jam lamanya, tubuhmu akan tetap memiliki cadangan cairan yang cukup dan terhindar dari kulit kering. 

2. Istirahat Malam yang Cukup

Kebiasaan buruk seperti begadang di malam hari tentu harus dibuang jauh-jauh selama berpuasa. Meski harus bangun saat sahur, namun tetap pastikan kamu mendapatkan tidur malam yang cukup agar proses perbaikan jaringan tubuh tetap berjalan dengan baik. Sehingga wajah dan tubuh akan terlihat segar di pagi hari. Pasalnya saat tidur tubuh bekerja meregenerasi kulit. 

3. Perhatikan Asupan Nutrisi

Salah satu cara mengatasi kulit kering adalah dengan memerhatikan nutrisi dan asupan yang masuk selama sahur dan berbuka. Hal ini dapat menjaga kelembapan kulit, dan juga menjaga tubuh agar tetap berenergi. Kamu bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Serta hindari minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein selama berpuasa.

Selain memerhatikan asupan nutrisi dari sayuran, buah dan tambahan vitamin, kamu juga bisa mengonsumsi Program 12 Hari Realfood Forever Bright. Memiliki kandungan utama sarang burung walet yang kaya akan asam amino esensial, Realfood Forever Bright dapat membantu meningkatkan keelastisitasan kulit dan juga mencerahkan kulit kusam dengan kandungan L-Gluthatione dan Niacinamide nya. Realfood Forever Bright juga merupakan Drinkable Niacinamide Pertama di Indonesia lho!

4. Hindari Makanan Berminyak dan Tinggi Garam

Saat berpuasa ada baiknya untuk menghindari makanan berminyak dan tinggi garam. Mengonsumsi makanan tersebut saat sahur atau berbuka dapat memicu rasa haus berlebih sehingga membuat mulut dan kulit terasa kering. Selain itu makanan berminyak seperti gorengan dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi. Kamu bisa membatasi asupana makanan tinggi garam dan gorengan selama bulan puasa. Hindari mengonsumsi gorengan setiap hari agar cairan tubuh tetap tercukupi

5. Cuci Wajah Secara Rutin

Berpuasa dapat membuat tampilan wajah nampak lesu dan terlihat kusam. Untuk itu kamu bisa mencuci wajah dengan rutin selama 2-3 kali sehari untuk membersihkan kotoran dan juga membuat tampilan lebih segar. Gunakan juga produk pencuci muka yang memberikan kelembapan seperti produk yang memiliki kandungan bahan hyaluronic acid, aloe vera, atau kolagen.

6. Selalu Gunakan Pelembap

Cara lain mengatasi kulit kering selama bulan puasa adalah dengan menggunakan pelembap. Menurut American Academy of Dermatology penggunaan pelembap dilakukan setelah mencuci muka, mandi, atau mencuci tangan. Pastikan untuk menggunakan pelembap yang berbeda antara wajah dengan tubuh. Kamu juga bisa menggunakan produk yang dikhususkan untuk kulit kering. Pelembap dalam bentuk krim sangat cocok digunakan untuk kulit kering atau dehidrasi. Pasalnya pelembap dalam bentuk krim dapat lebih mengunci kelembapan dibanding dalam bentuk gel atau lotion. Kamu bisa memilih pelembap yang memiliki kandungan ceramide, hyaluronic acid, lactic acid, gliserin, lanolin, atau shea butter.

7. Aplikasikan Sunscreen

Cara terakhir dalam mengatasi kulit kering saat berpuasa adalah dengan selalu mengaplikasikan sunscreen. Tabir surya atau sunscreen berperan sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari, dan juga polusi udara. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 di permukaan kulit secara merata setiap akan melakukan aktivitas. Meskipun kamu berada didalam ruangan, terkadang pantulan matahari dari kaca dapat mengakibatkan kulit lebih gelap, kusam, dan kering. Jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen-mu setiap 2 jam ya.

Cara diatas dapat kamu lakukan untuk membantu mengatasi kulit kering selama berpuasa. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar organ tubuh dapat bekerja maksimal dan wajah terlihat segar dan sehat. Jangan lupa konsumsi Realfood Forever Bright saat sahur atau berbuka untuk membantu menjaga produksi kolagen dari dalam dan juga menjaga imun tubuh dengan kandungan sarang burung waletnya. 

Baca Juga: