Kenali 7 Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Bagaimana Cara Merawatnya

15 Desember 2020
ciri ciri kulit sensitif

Saat ini, banyak produk kesehatan dan kecantikan kulit yang menawarkan solusi untuk mengatasi kulit yang sensitif. Kulit sensitif merupakan gejala iritasi kulit yang terjadi saat kulit terpapar zat tertentu ataupun sinar matahari.

Ciri Kulit Wajah dan Tubuh yang Sensitif

Kulit sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keturunan atau bahkan sistem imun seseorang. Apa saja gejala yang termasuk ke dalam kategori kulit sensitif? Berikut ciri ciri kulit sensitif dan berminyak pada wajah.

1. Kulit Mudah Bereaksi

Pemicu utamanya bisa karena sabun mandi, deterjen, parfum ataupun produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. Hal ini adalah respon alami dari sel kulit tubuh yang berusaha memerangi zat tertentu yang dianggap berbahaya saat menyentuh permukaan kulit.

2. Kondisi Kulit Menjadi Kering

Memang tidak semua orang yang memiliki kulit kering menandakan memiliki kulit yang sensitif. Dilansir dari situs healthgrades.com, kulit kering dapat membuat sensitivitas kulit meningkat, yang bertujuan untuk melindungi ujung saraf di kulit.

Biasanya hal ini terjadi saat musim dingin dan musim panas, menggunakan pelembab dengan tingkat SPF 15-30 dan rutin minum air putih dapat membantu melindungi kulit tetap terhidrasi. Realfoodfam juga bisa mencoba tips perawatan kulit kering untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

3. Muncul Ruam di Kulit

Ruam ditandai dengan munculnya kemerahan merah, bintil, ataupun luka lepuh pada kulit. Pada kulit normal, ruam biasanya disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu, misalnya cacar. Namun, pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif, ruam dapat terjadi setelah kulit terpapar sinar matahari tanpa tabir surya atau kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit.

4. Wajah Mudah Berminyak dan Berjerawat

Kulit yang sensitif dapat membuat jerawat lebih sering muncul di area wajah. Hal ini terjadi karena kulit memproduksi minyak berlebih yang akhirnya membuat debu dan kotoran mudah menempel di kulit. Apalagi bila tidak dibersihkan, maka jerawat yang muncul bisa semakin banyak.

Cara paling mudah untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah adalah dengan rutin membersihkan muka ataupun menggunakan masker alami seperti lemon, tomat, madu, dan juga minyak zaitun.

5. Kulit Terasa Gatal

Pemilik kulit sensitif dapat mengalami gatal atau alergi setelah menggunakan produk tertentu yang tidak sesuai dengan karakteristik kulitnya. Untuk membedakan alergi dan reaksi kulit sensitif, dokter kulit biasanya menggunakan analisa khusus.

Rasa gatal yang terjadi karena menggunakan produk kecantikan tertentu bisa dianggap sebagai pemicu utamanya. Sementara, gatal-gatal yang terjadi beberapa saat setelah mengonsumsi makanan ataupun menggunakan produk kecantikan dapat dianggap sebagai alergi kulit.

6. Kulit Terasa Perih

Paparan sinar matahari di siang hari dapat menyebabkan kulit terbakar dan rasa perih, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Penggunaan tabir surya dan lidah buaya dapat membantu mengatasi permasalahan kulit yang terbakar. Realfoodfam bisa menggunakan lidah buaya untuk membantu mengurangi rasa perih di kulit.

7. Membuat Kulit Mengelupas

Pengelupasan kulit bisa terjadi karena 2 hal, pertama proses alami membuang sel kulit mati atau bisa karena infeksi jaringan pada kulit. Hal ini sering terjadi pada mereka yang memiliki kulit kering.

Baca juga: 7 Manfaat Baby Oil untuk Wajah, Melembabkan Hingga Bikin Glowing

Cara Merawat Kulit Sensitif & Berminyak

Setelah mengetahui gejala kulit sensitif, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti untuk mencegah reaksi yang tidak diinginkan pada kulit:

1. Konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit

Untuk memastikan hal apa saja yang dapat menjadi stimulus kulit sensitif, sangat disarankan agar Realfoodfam melakukan tes alergi ke dokter spesialis kulit. Terdapat 2 pilihan bentuk tes alergi, yaitu tes sampel darah dan tes secara langsung melalui kulit dengan meneteskan larutan khusus.

Dengan begitu, Realfoodfam dapat mengetahui hasil akurat dari pemeriksaan secara medis mengenai produk kecantikan tertentu ataupun  pantangan yang tidak boleh dilakukan.

2. Perhatikan Komposisi Produk Kecantikan yang Digunakan

Dilansir dari Skinkraft.com, ada beberapa bahan yang harus dihindari pemilik kulit sensitif seperti retinoid yang dapat menyebabkan iritasi kulit, asam hidroksi atau BHA yang dapat membuat kulit cepat kering, dan produk lainnya yang mengandung alkohol.

3. Gunakan Tabir Surya ataupun Jaket untuk Melindungi Kulit

Saat berkegiatan di luar rumah tanpa tabir surya, kulit akan terpapar langsung dengan sinar matahari, yang dapat menyebabkan kanker kulit. Pemilik kulit sensitif juga harus memperhatikan kondisi kulit sebelum beraktivitas di luar ruang.

Karena itu, pastikan kamu menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai sebelum mulai beraktivitas. Tabir surya akan melindungi dari bahaya sinar UV dan membantu mencegah gejala alergi atau ruam yang akan terjadi jika kulit terpapar sinar matahari. Untuk menghindari reaksi tak diinginkan pada kulit, pastikan kamu memilih tabir surya dengan bahan utama zink oksida atau titanium dioksida.

Realfoodfam juga dapat menggunakan jaket agar kulit tetap terlindungi. Jangan pilih jaket berwarna hitam karena akan menyerap panas, sehingga dapat memperburuk kondisi kulit.

Baca juga: Sudah Tahu Rahasia Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami?

4. Gunakan Produk Perawatan Kulit dengan Label Hipoalergenik

Produk kecantikan atau perawatan kulit dengan label hipoalergenik biasanya mengandung lebih sedikit bahan aktif. Namun, tidak ada jaminan 100% bahwa produk dengan label hipoalergenik akan berhasil sepenuhnya.

Dilansir dari Food and Drug Administration (FDA), tidak ada standar atau definisi Federal yang mengatur penggunaan istilah 'hipoalergenik'. Istilah ini dibuat oleh perusahaan kosmetik sebagai strategi pemasaran.

Namun, sebelum memilih produk, pastikan Realfoodfam memperhatikan komposisi produk. Jika produk tersebut mengandung alergen, sebaiknya dihindari. Karena tingkat sensitivitas kulit setiap orang berbeda- beda. Bisa saja ada yang berhasil, bisa juga tidak.

5. Atur Pola Makan dengan Sehat

Pola makan yang sehat akan berpengaruh baik bagi seluruh tubuhmu, termasuk kulit. Menurut WebMD, menjaga pola makan juga akan berpengaruh baik pada kulit sensitif.

Selain menghindari makanan cepat saji yang berlemak tinggi, Realfoodfam juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan berikut ini yang kaya akan vitamin A, B Kompleks, C, D, E, dan K untuk menjaga kesehatan kulit.

 

Sumber data:

  • https://skinkraft.com/blogs/articles/sensitive-skin
  • https://www.webmd.com/beauty/sensitive-skin-20-questions#2
  • https://www.self.com/story/sensitive-skin-facts-dermatologists
  • https://www.allure.com/story/what-is-sensitive-skin
  • https://www.healthgrades.com/right-care/skin-hair-and-nails/9-signs-of-sensitive-skin
  • https://www.healthline.com/health/allergies/hypoallergenic
  • https://www.fda.gov/cosmetics/labeling/claims/ucm2005203.htm

 

Artikel Lainnya
icon chat whatsapp
icon keranjang belanja
icon Email
icon chat web
Wa V2
closearrow-circle-o-downbars